Hoax David Beckham Datang ke Papua Saat Kerusuhan

Hoax David Beckham Datang ke Papua Saat Kerusuhan

Hoax David Beckham Datang ke Papua Saat Kerusuhan

Beberapa info lalu-lalang di media sosial. Baru saja ini, viral berita jika pemain sepak bola internasional David Beckham diam-diam hadir ke Wamena, Papua.

Berita itu diupload potretanakmelanesia.blogspot.com dalam artikel berjudul, ‘Diam-Diam David Beckham Ke Wamena-Papua’. Artikel itu mengikutkan photo David Beckham bersama dengan seseorang anak. Dalam gambar, David Beckam kelihatan kenakan kaos tertulis ‘Free West Papua’ yang berarti. ‘Bebaskan Papua Barat’.

“Pemain sepak bola asal Inggris David Beckham nyatanya bertandang ke pedalaman Wamena-Papua dengan diam-diam. Pemain terkenal Dunia ini nyatanya memberikana pertolongan kemanusiaan sesudah mendegar tragedi kematian anak di Nduga pada tahun yang lalu 2015 kemarin. Pada kehadiran sang bintang sepak bola itu pada akhirnya dikagetkana dengan kaos pakaian yang dipakai David Beckham yang bertulisan”Free West Papua,” demikian cerita yang dimuat dalam artikel itu.

Artikel itu diupload pada Jumat, 23 Agustus 2019. Ada 38 komentar yang penuhi upload photo serta tulisan itu.

Lalu, benarkah David Beckham diam-diam ke Papua?

Pencarian Bukti

Nyatanya, berita itu tidak benar. Dalam photo itu tidak dituliskan tempat serta waktu tentu kehadiran David Beckham ke Papua, tetapi berdasar pencarian, itu ialah rumor lama.

Berita David Beckham hadir ke Papua sudah dibantah. Diantaranya oleh situs papuanews.id, dalam artikel berjudul, David Beckham Tidak Sudah pernah Datangi Papua, yang diupload pada 28 Maret 2016 kemarin.

Perilaku Seks Gangbang 3 Pria dan 1 Wanita Lokasi Jawa Barat

“Jayapura, PAPUANEWS.ID – Seringkali kita lihat atau membaca berita yang tidak benar (Hoaks). Kesempatan ini faksi separatis di Papua mengerjakannya kembali dengan menyengaja lakukan pengeditan gambar David Beckham yang diklaim sedang bertandang ke Papua dengan diam-diam serta memberi pertolongan kemanusiaan sesudah dengar tragedi kematian anak di Nduga pada tahun 2015.

Sebenarnya, belum pernah ada kunjungan David Beckham ke Papua, ditambah lagi dengan diam-diam seperti yang dikabarkan satu diantara website pribadi yang diberi nama Potret Anak Melanesia.

http://potretanakmelanesia.blogspot.co.id/2016/02/diam-diam-david-beckham-ke-wamena-papua.html

Bukanlah memberi dukungan pemerintah dalam pembangunan kesejahteraan di Papua, website itu justru memutar balikkan bukti, menebarkan info/desas-desus yang sebetulnya belum pernah berlangsung. Tetap membuat kebohongan Publik, serta dengan menyengaja tuliskan jika “anak-anak di Papua alami gizi buruk” sesaat sebenarnya tidak benar, yang berlangsung ialah jika beberapa anak Papua yang wafat dikarenakan oleh penyakit.

Kelihatan jelas pada photo itu ada ketidaksamaan yang benar-benar menonjol. Pertama, tulisan “free west Papua” yang ada pada kaos yang dipakai David Beckham adalah editan saja. Ke-2, rumah tradisi di Papua tidak ada yang terbuat dari anyaman bambu sama dengan gambar, itu ialah rumah tradisi Papua New Guinea (PNG), sedang rumah tradisi Papua ialah Honai.

Mengenai kehadiran David Beckham di PNG itu untuk bikin satu film dokumenter BBC yang disebutkan For the Love of the Game. Disepanjang perjalanannya itu ia luangkan untuk berkunjung ke satu desa yang disebut program dari UNICEF serta berjumpa dengan beberapa anak PNG serta di dukung oleh Unicef ​​serta David 7 Fund rajapoker.

Di Papua Nugini, David berjumpa beberapa anak yang menanggung derita kekurangan gizi, yang disebut permasalahan besar di negara ini. Ini pemicu penting kematian pada anak balita, dengan hampir 1/2 tidak memperoleh makanan bergizi yang mereka perlukan untuk tumbuh sehat serta kuat. Pemicu yang lain ialah kemiskinan, skema makan kurang nutrisi yang benar, serta minimnya pengetahuan mengenai praktik pemberian makan yang baik serta gizi anak. https://blogs.unicef.org.uk/2015/12/29/keeping-children-safe-from-malnutrition-in-papua-new-guinea/

Kita harus mengucapkan syukur sebab hidup di Indonesia tidak alami kemiskinan, keterbelakangan pendidikan mengenai kesehatan serta wabah gizi jelek seperti PNG. Sebab Indonesia salah satu negara yang benar-benar memerhatikan kesehatan serta kesejahteraan masyarakatnya dengan rata.”

Tidak itu saja, www.medium.com mengupload artikel sama. Diterangkan jika David Beckham mendatangi Papua Nugini, bukan Papua.

Judul artikel itu ialah David Beckham’s 7 Fund: Keeping children safe from malnutrition in Papua New Guinea. Suami Victoria Beckham kesana berkaitan usaha untuk selamatkan beberapa anak Papua Nugini dari malnutrisi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *